Etika dan Moral
Kata etika berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat istiadat (kebiasaan). Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimilki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik.
Menurut Martin (1993), etika didefinisikan sebagai “the discpline which can act as the performance index or reference for our control system”. Dengan demikian, etika akan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulan manusia didalam kelompok sosialnya. Dalam pengertiannya yang secara khusus dikaitkan dengan seni pergaulan manusia, etika ini kemudian dirupakan dalam bentuk aturan (code) tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada dan pada saat yang dibutuhkan akan bisa difungsikan sebagai alat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara logika-rasional umum (common sense) dinilai menyimpang dari kode etik. Dengan demikian etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “self control”, karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok social itu sendiri
Terdapat
beberapa definisi mengenai etika. Brooks dan Dunn (2012) menggunakan definisi
dari Encyclopedia of Philosophy, yang melihat etika dari tiga definisi, yaitu :
1. Pola
umum atau cara pandangan kehidupan
2. Sekumpulan
aturan perilaku atau kode moral
3. Pertanyaan mengenai cara pandang kehidupan dan aturan perilaku
Etika profesi akuntansi berhubungan dengan
definisi kedua. Jika definisi kedua dikaji lebih lanjut, maka menurut Encyclopedia
of Philosophy, aturan perilaku atau kode moral memeiliki empat karakteristik
yaitu :
1. Keyakinan
tentang sifat manusia
2. Keyakinan
tentang cita-cita, tentang sesuatu yang baik atau berharga untuk dikejar
ataudicapai
3. Aturan
mengenai apa yang harus dikerjakan dan tidak dikerjakan
4. Motif yang mendorong kita untuk memilih tindakan yang benar atau salah.
Dalam keempat karakteristik menurut Encyclopedia of Philosophy dijabarkan menggunakan empat pokok teori etika yang dapat membantu manusia dalam membuat keputusan etika didalam lingkungan bisnis yaitu utilitarianism, deontology, justice and fairness, dan virtue ethics.
Seluruh teori pada dasarnya membahas apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Namun masing-masing teori memiliki penekanan yang berbeda. Misalnya, utilitarianism menekankan pada mengejar apa yang baik, sementara deontology lebih menekankan bahwa pada motif pengamblan keputusan beretika. Etika virtue cenderung untuk melihat secara lebih utuh sifat kemanusiaan manusia.
Menurut Brooks dan Dunn (2012) terdapat tiga dasar mengapa manusia melakukan tindakan beretika yaitu karena alasan agama, hubungan baik dengan orang lain, dan persepsi tentang dirinya sendiri. Agama pada dasarnya sudah mengatur atau memberikan petunjuk mengenai seluruh tindakan manusia di dunia, yang harus dilakukan tidak dilakukan. Dasar yang kedua adalah hubungan dengan pihak lain . Manusia minimal tidak merugikan pihak lain dan yang terbaik adalah memberikan manfaat kepada pihak lain. Penjabaran hubungan dengan pihak lain yang cukup pupoler belakangan ini adalah compassionate (berbelas kasih dengan sesama). Bentuk lainnya seperti kasih sayang, cinta, simpati, dan lain-lain. Dasar yang ketiga adalah persepsi tentang dirinya sendiri. Manusia melakukan tindakan beretika untuk kepentingan diri sendiri (self interest). Dasar ketiga ini berdasarkan asumsi bahwa manusia sebetulnya memiliki sifat mementingkan diri sendiri. Manusia berupaya melakukan tindakan yang memberikan manfaat dirinya sendiri.
Brooks dan Dunn (2012) memberdakan antara mementingkan diri sendiri dengan egois. Egois adalah melakukan tindakan yang memberikan manfaat bagi diri sendiri dengan tidak memerdulkan apakah tindakan tersebut merugikan pihak lain atau tidak. Sedangkan mementingkan diri sendiri adalah tindakan yang memberi manfaat bagi diri sendiri dengan tidak merugikan pihak lain.
Pentingnya Etika
Dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaulan hidup tingkat internasional di perlukan suatu system yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan lain-lain. Maksud pedoman pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masing yang terlibat agara mereka senang, tenang, tentram, terlindung tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin agar perbuatannya yang tengah dijalankan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi umumnya. Hal itulah yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita.
Ada
dua macam etika yang harus kita pahami bersama dalam menentukan baik dan buruknya
prilaku manusia :
1.
Etika Deskriptif, yaitu etika yang berusaha meneropong secara kritis dan
rasional sikap dan prilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam
hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif memberikan fakta
sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang prilaku atau sikap yang mau
diambil.
2. Etika Normatif, yaitu etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.
Etika
secara umum dapat dibagi menjadi :
a.
Etika Umum, berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia
bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori
etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam
bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan.
Etika umum dapat dianalogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai
pengertian umum dan teori-teori.
b. Etika Khusus, merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud : Bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Namun, penerapan itu dapat juga berwujud : Bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis : cara bagaimana manusia mengambil suatu keputusan atau tidanakn, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada dibaliknya.
Etika
Khusus dibagi lagi menjadi dua bagian :
a.
Etika individual, yaitu menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya
sendiri.
b. Etika sosial, yaitu berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.
Perlu diperhatikan bahwa etika individual dan etika sosial tidak dapat dipisahkan satu sama lain dengan tajam, karena kewajiban manusia terhadap diri sendiri dan sebagai anggota umat manusia saling berkaitan. Etika sosial menyangkut hubungan manusia dengan manusia baik secara langsung maupun secara kelembagaan (keluarga, masyarakat, negara), sikap kritis terhadpa pandangan-pandangan dunia dan idiologi-idiologi maupun tanggung jawab umat manusia terhadap lingkungan hidup.
Sistem
Penilaian Eika :
1. Titik berat penilaian etika sebagai suatu
ilmu, adalah pada perbuatan baik atau jahat, susila atau tidak susila.
2. Perbuatan atau kelakuan seseorang yang telah menjadi sifat baginya atau telah mendarah daging, itulah yang disebut akhlak atau budi pekerti. Budi tumbuhnya dalam jiwa, bila telah dilahirkan dalam bentuk perbuatan namanya pekerti. Jadi suatu budi pekerti, pangkal penilaiannya adalah dari dalam jiwa; dari semasih berupa angan-angan, cita-cita, niat hati, sampai ia lahir keluar berupa perbuatan nyata.
Burhanuddin
Salam, Drs. menjelaskan bahwa sesuatu perbuatan di nilai pada 3 (tiga) tingkat
:
1. Tingkat pertama, semasih belum lahir
menjadi perbuatan, jadi masih berupa rencana dalam hati, niat.
2.
Tingkat kedua, setelah lahir menjadi perbuatan nyata, yaitu pekerti.
3. Tingkat ketiga, akibat atau hasil perbuatan tersebut, yaitu baik atau buruk.
Etiket
Etiket berasal dari Bahasa Perancis “etiquette” yang artinya adalah sopan santun. Terdapat beberapa definisi dari kata etiket, seperti Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etiket didefinisikan sebagai tata cara (adat, sopan santun, dan lain sebagainya dalam rangka memelihara hubungan yang baik di antara sesama manusia dalam sebuah lingkungan masyarakat. Etiket juga diartikan sebagai suatu sikap seperti sopan santun maupun aturan lainnya yang mengatur tentang hubungan di antara kelompok manusia yang beradab di dalam pergaulan.
Etiket
merupakan suatu perilaku seseorang yang dianggap cocok, sopan, pas, serta
terhormat yang berkaitan dengan kepribadian orang tersebut, seperti gaya
berbicara, gaya makan, gaya berpakaian, gaya tidur, gaya duduk, maupun gaya
dalam berjalan. Akan tetapi, karena etiket yang dimiliki seseorang
menghubungkannya dengan orang lain, maka etiket menjadi peraturan sopan santun
dalam pergaulan, serta hidup bermasyarakat. Jadi etiket berkaitan dengan cara
suatu perbuatan, adat, kebiasaan, serta cara-cara tertentu yang menjadi panutan
bagi sekelompok masyarakat dalam berbuat sesuatu.
Etiket juga merupakan aturan-aturan konvensional melalui tingkah laku
individual dalam masyarakat beradab, merupakan tatacara formal atau tata krama
lahiriah untuk mengatur relasi antarpribadi, sesuai dengan status social
masing-masing individu. Etiket didukung oleh berbagai macam nilai, antara lain;
1. nilai-nilai kepentingan umum
2. nilai-nilai kehjujuran, keterbukaan dan kebaikan
3. nilai-nilai kesejahteraan
4. nilai-nilai kesopanan, harga-menghargai
5. nilai diskresi (discretion: pertimbangan) penuh piker. Mampu membedakan sesuatu yang patut dirahasiakan dan boleh dikatakan atau tidak dirahasiakan.
Diatas dikatakan bahwa etiket merupakan kumpulan cara dan sifat perbuatan yang lebnih bersifat jasmaniah atau lahiriah saja. Etiket juga sering disebut tata krama, yakni kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antarmanusia setempat. Tata berarti adat, aturan, norma, peraturan. Sedangkan krama berarti sopan santun, kebiasaan sopan santun atau tata sopan santun. Sedangkan etika menunjukkan seluruh sikap manusia yang bersikap jasmaniah maupun yang bersikap rohaniah. Kesadaran manusia terhadap kesadaran baik buruk disebut kesadaran etis atau kesadaran moral.
Beberapa
definisi Etiket adalah sebagai berikut:
1. Etiket
adalah kumpulan tata cara dan sikap yang baik dalam pergaulan antarmanusia yang
beradab.
2. Etiket
adalah tata krama, sopan santun atau aturan-aturan yang disetujui oleh
masyarakat tertentu dan menjadi norma serta anutan dalam bertingkah laku.
3. Etiket adalah tata peraturan pergaulan yang disetujui oleh masyarakat terten tu dan menjadi norma dan anutan dalam bertingkah laku anggota masyarakat
Perbedaan
Etika dengan Etiket
Menurut Bartens, etika da etiket memiliki perbedaan yang mendasar
:
1.
Etiket hanya berlaku jika ada orang yang hadir, apabila tidak ada
orang etiket tidak berlaku. Etika berlaku tidak bergantung ada atau tidaknya
orang lain yang hadir
2.
Etiket adalah cara untuk melakukan perbuatan benar sesuai dengan
yang diharapkan. Etika adalah niat, perbuatan itu boleh dilakukan atau tidak,
seseuai dengan pertimbangan niat baik atau buruknya.
3.
Etiket bersifat relatif. Mungkin bisa dianggap tidak sopan salah
satu kebudayaan, tapi dianggap sopan di kebudayaan lain. Misalnya makan
menggunakan tangan atau bersendawa waktu makan. Etika jauh lebih absolut atau
bersifat mutlak misalnya “aturan jangan mencuri” yang mana meenjadi etika yang
tidak bisa ditawar-tawar.
4. Etiket adalah formalitas (lahiriah), tampak dari sikap luarnya penuh dengan sopan santun dan kebaikan. Etika adalah nurani (batiniah), bagaimana harus bersikap etis dan baik
Enlightened Self Interset sebagai Etika
Dua filsuf yang memberikan argumentasi bahwaenlightened self interestmerupakandasar untuk tidakan beretika. Thomas Hobbes (1588-1679) dan Adam Smith (1723-1790)memiliki keyakinan bahwa pada dasarnya manusia memiliki sifatself interest. Sifat ini bukanditiadakan tapi justru dimanfaatkan untuk kebaikan.
Menurut Thomas Hobbes, manusia memiliki kebutuhan dasar untuk menjaga danmempertahankan kehidupannya. Manusia juga memiliki orientasi jangka pendek.Dari perspektif Hobbes, masyarakat madani dapat dilihat sebagai kontrak sukarelaantara individu di mana setiap orang mengorbankan hak dan kebebasan individu merekauntuk mendapatkan perdamaian dan mempertahankan kehidupannya. Masyarakat yang secarasukarela membatasi kebebasannya untuk mendapatkan harmoni sosial. Masyarkat seperti inidisebut masyarkat Leviathan. Bagi Hobbes, self interest mendorong terciptanya kerjasama dan terbentuknya masyarakat madani.
Pemikiran yang sama dating dari Adam
Smith. Ada beberapa hal yang mengenai konsep ekonomi dari Adam Smith. Pertama,
ekonomi adalah kegiatan kerjasama social. Perusahaan menghasilkan produk dan
jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Bisnis adalah kegiatan social dan
masyarakat berjalan dalam prinsip-prinsip etika. Kedua, pasar adalah
kompetitif, bukan konflik. Perdagangan tergantung kepada tata cara yang adil,
menghormati kontrak dan janji, dan kerjasama yang saling menguntungkan.
Persaingan mendorong perusahaan untuk beroperasi seefisien dan efektif mungkin,
untuk memaksimumkan keuntungan jangka pendek. Ketiga, etika membatasi perilaku
oportunistik. Etika akan mengawasi egoism dan kerakusan yang tidak terkendali.
Manusia akan mengikuti prinsip-prinsip etika untuk kebaikan bagi masyarakat,
dan untuk kebaikan bagi ekonomi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar