Kamis, 23 April 2020

Consumable life cycle dan hubungannya dengan perilaku pelanggan

Konsep ini mungkin sangat umum, namun sering diabaikan oleh para pembeli produk. Konsep ini disebut consumable life cycle, yaitu siklus hidup produk dari sudut pandang pemakaian oleh pelanggan. model ini membagi siklus hidup produk menjadi empat tahap :
1. pembelian
2. pengoperasian
3. pemeliharaan
4. pembuangan (disposal)

Secara keseluruhan, yang ingin dilihat adalah berapa total biaya yang dikeluarkan oleh seseorang saat mengkonsumsi produk tersebut. misalkan, jika seseorang membeli printer dengan harga murah, namun selama pemakaian printer harus membeli tinta dengan harga yang mahal, maka secara keseluruhan biaya pemakaian prosuk selama siklus hidup produk akan menjadi mahal. Sebaliknya, jika seseorang membeli sebuah mobil, namun dalam tahap disposal dapat menjual mobil dengan harga yang tinggi, maka keseluruhan biaya pemakaian produk akan menjadi relatif lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar