Pengertian Manajemen Strategik menurut beberapa ahli yaitu :
- Pengertian manajemen strategis menurut J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen adalah “Strategic Management is that a set of managerial decisions and actions that determines the long-run performance of a corporation”, dan jika diterjemahkan secara bebas maka Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.
- Pengertian manajemen strategis menurut Pearch dan Robinson (1997) dikatakan bahwa manajemen stratejik adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.
- Pengertian manajemen strategi menurut Fred R. David adalah bahwa manajemen strategi adalah seni dan ilmu untuk memformulasi, menginplementasi, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuan.
- Pengertian manajemen strategis menurut Lawrence R. Jauch dan Wiliam F. Gluech (Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, 1998) : Manajemen Strategis adalah sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan.
Manajemen strategi sangat penting bagi suatu organisasi/perusahaan di dunia bisnis karena:
- Memberikan arah pencapaian tujuan organisasi/ perusahaan
- Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak
- Dapat mengantisipasi setiap perubahan kembali secara merata
- Berhubungan dengan efisiensi dan efektifitas
Lima Elemen Dasar Proses manajemen Strategik:
- Menetapkan visi, misi dan tujuan organisasi
- Pengamatan Lingkungan
- Perumusan dan Pemilihan Strategi
- Implementasi strategi
- Evaluasi kinerja dan Pengendalian/tindakan koreksi
5 Tahapan dalam menyusun strategi bisnis yang baik, idealnya :
- Membentuk Visi Strategis mengenai kemana organisasi akan bergerak
- Menetapkan tujuan – mengubah pandangan strategis menjadi hasil kinerja spesifik yang harus dicapai organisasi tersebut
- Merumuskan pilihan strategi untuk mencapai hasil yang diinginkan
- Mengeksekusi strategi yang dipilih secara efisien dan efektif
- Mengevaluasi efektivitas strategi dan dampaknya terhadap kinerja bisnis
Beberapa langkah yang perlu dilakukan suatu organisasi dalam merumuskan strategi adalah:
- Mengidentifikasi lingkungan yang akan dimasuki dan menentukan misi perusahaan untuk mencapai visi yang telah dibuat.
- Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal untuk mengukur kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh suatu organisasi dalam menjalankan misinya.
- Merumuskan faktor-faktor ukuran keberhasilan (key success factors) dari strategistrategi yang dirancang berdasarkan analisis sebelumnya.
- Menentukan tujuan dan target terukur, mengevaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi.
- Memilih strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang
Referensi
- David, Fred R, “ Strategic Management : Concepts and Cases “ Prentice Hall, 13th edition, 2012.
- Hunger & Wheelen, Strategic Management, Addison-Wesley, 2013
- Hendrawan Supratikno, dkk, Advanced Strategic Management – Back to Basic Approach, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.
- Pearce II, John A & Robinson Jr, Richard B, “Strategic Management, Formulation, Implementation and Control“ McGraw Hill/ Irwin, 12th edition, 2010
- Setiawan H.P & Zulkieflimansyah, Manajemen Strategik, LPFE-UI, 2007.
- https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-perencanaan/
- https://www.hestanto.web.id/tahap-tahap-dalam-manajemen-strategis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar