Kamis, 01 April 2021

Pengantar Manajemen Strategik

Pengertian Manajemen Strategik menurut beberapa ahli yaitu :

  1. Pengertian manajemen strategis menurut J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen adalah “Strategic Management is that a set of managerial decisions and actions that determines the long-run performance of a corporation”, dan jika diterjemahkan secara bebas maka Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.
  2. Pengertian manajemen strategis menurut Pearch dan Robinson (1997) dikatakan bahwa manajemen stratejik adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.
  3. Pengertian manajemen strategi menurut Fred R. David adalah bahwa manajemen strategi adalah seni dan ilmu untuk memformulasi, menginplementasi, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuan.
  4. Pengertian manajemen strategis menurut Lawrence R. Jauch dan Wiliam F. Gluech (Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, 1998) : Manajemen Strategis adalah sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan.

Manajemen strategi sangat penting bagi suatu organisasi/perusahaan di dunia bisnis karena:

  1. Memberikan arah pencapaian tujuan organisasi/ perusahaan
  2. Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak
  3. Dapat mengantisipasi setiap perubahan kembali secara merata
  4. Berhubungan dengan efisiensi dan efektifitas

Lima Elemen Dasar Proses manajemen Strategik:

  1. Menetapkan visi, misi dan tujuan organisasi
  2. Pengamatan Lingkungan
  3. Perumusan dan Pemilihan Strategi
  4. Implementasi strategi
  5. Evaluasi kinerja dan Pengendalian/tindakan koreksi

5 Tahapan dalam menyusun strategi bisnis yang baik, idealnya :

  1. Membentuk Visi Strategis mengenai kemana organisasi akan bergerak
  2. Menetapkan tujuan – mengubah pandangan strategis menjadi hasil kinerja spesifik yang harus dicapai organisasi tersebut
  3. Merumuskan pilihan strategi untuk mencapai hasil yang diinginkan
  4. Mengeksekusi strategi yang dipilih secara efisien dan efektif
  5. Mengevaluasi efektivitas strategi dan dampaknya terhadap kinerja bisnis

Beberapa langkah yang perlu dilakukan suatu organisasi dalam merumuskan strategi adalah:

  1. Mengidentifikasi lingkungan yang akan dimasuki dan menentukan misi perusahaan untuk mencapai visi yang telah dibuat.
  2. Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal untuk mengukur kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh suatu organisasi dalam menjalankan misinya.
  3. Merumuskan faktor-faktor ukuran keberhasilan (key success factors) dari strategistrategi yang dirancang berdasarkan analisis sebelumnya.
  4. Menentukan tujuan dan target terukur, mengevaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi.
  5. Memilih strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang

Referensi

  • David, Fred R, “ Strategic Management : Concepts and Cases “ Prentice Hall, 13th edition, 2012.
  • Hunger & Wheelen, Strategic Management, Addison-Wesley, 2013
  • Hendrawan Supratikno, dkk, Advanced Strategic Management – Back to Basic Approach, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.
  • Pearce II, John A & Robinson Jr, Richard B, “Strategic Management, Formulation, Implementation and Control“ McGraw Hill/ Irwin, 12th edition, 2010
  • Setiawan H.P & Zulkieflimansyah, Manajemen Strategik, LPFE-UI, 2007.
  • https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-perencanaan/
  • https://www.hestanto.web.id/tahap-tahap-dalam-manajemen-strategis/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar